Saat Karikaturis Nabi Muhammad saw Bertemu Habib Ali

Habib Ali al-Jufri di Denmark

Kisah pertemuan Al Habib Ali bin Abdurrahman Al-Jufri dengan Kurt Westergaard (penggambar alias seniman karikatur Baginda Nabi Muhammad saw)

Hari itu, seorang dai muda dari tanah Hadhramaut, Yaman, yakni Al-Habib ‘Ali Zainal ‘Abidin bin ‘Abdurrahman Al-Jufri, sedang rihlah dakwah, bertandang ke Denmark, mengadakan pertemuan dengan seseorang yang amat dibenci kebanyakan Umat Islam saat itu, dialah Kurt Westergaard, penggambar karikatur Baginda Nabi Muhammad saw.

Setelah lama berbincang, Kurt tampak heran dengan sikap Habib ‘Ali Al-Jufri, seorang pemuda berjenggot lebat rapi menutupi leher, tak berkumis, memakai jubah dan imamah serta surban, wajahnya putih dan tampan, tinggi besar, berperawakan persis seperti orang yang dioloknya dengan karikatur, tidak keluar sedikitpun dari mulutnya kata-kata kasar sebagaimana sering dilontarkan ummat Islam lewat media.

“Tuan, apakah Anda tidak marah atas apa yang telah saya lakukan? Padahal orang muslim di luar sana tampak sangat ingin memancung saya…”, tanya Kurt.

“Jika Rasulullah, orang yang Anda olok-olok itu masih hidup dan menyaksikan apa yang Anda perbuat, saya yakin, beliau pun tidak akan marah. Saya paham, Anda berbuat hal itu karena Anda tidak mengenal pribadi Rasulullah, jika Anda mengenal akhlaq beliau yang teramat mulia, Anda pun tak akan pernah terpikir untuk melakukan hal itu.” Jawab Habib ‘Ali dengan senyumnya yang bercahaya.

Habib Ali al-Jufri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s